Lumbung Pangan Jatim Ditargetkan Layani Seluruh Wilayah Jatim

Post At : 13 Jul 2020 | Kategori : Berita


Lumbung Pangan Jatim Ditargetkan Layani Seluruh Wilayah Jatim


SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terus mengembangkan jangkauan layanan bebas ongkir Lumbung Pangan Jatim untuk memasok kebutuhan pangan atau bahan pokok ke masyarakat. Layanan bebas ongkir yang semula hanya untuk masyarakat Kota Surabaya, kini sudah menjanhkau 19 wilayah kabupaten/kota di Jatim.
Pengembangan atau perluasan area layanan barang kebutuhan pokok masyarakat itu di-launching oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Kamis (9/7/2020). Untuk pengembangan jangkauan layanan Lumbung Pangan Jatim ini, distribusinya melibatkan PT Pos Indonesia.
Semula layanan bebas ongkir hanya menjangkau Kota Surabaya dengan radius maksimum 20 Km. Layanan lalu dikembangkan untuk wilayah Surabaya Raya dengan memasukkan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik. Perluasan layanan kembali dikembangkan ke wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten/Kota Pasuruan, lalu ke Malang Raya (Kab./Kota Malang dan Kota Batu).
Jangkauan layanan kembali dikembangkan dengan menambah delapan wilayah Kabupaten/Kota, yang di-launching Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, sehingga layanan Lumbung Pangan Jatim menjangkau 19 Kabupaten/Kota di Jatim. Tambahan delapan Kab./Kota itu adalah: Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kota Madiun.
Gubernur Khofifah menargetkan, pekan depan, layanan Lumbung Pangan Jatim mampu menjangkau 28 kabupaten/kota se- Jatim. Selanjutnya, Lumbung Pangan Jatim diharapkan akan mampu menjangkau seluruh daerah kabupaten/kota se-Jatim.
Khofifah menambahkan, perluasan jangkauan ini diharapkan bisa menjangkau 25 pasar yang dijadikan sampling oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan menjangkau pasar-pasar tersebut sebagai target perluasan, maka akan menjadikan lumbung pangan sebagai referensi harga di Jatim.

“Kita berharap semua pasar yang jadi samplingnya BPS bisa kita jangkau, kalau seluruh pasar yang dijadikan sampilingnya BPS bisa kita jangkau, maka Lumbung Pangan ini akan bisa dijadikan referensi harga. Dengan begitu perlindungan konsumen itu akan lebih baik,” ujarnya.

Lumbung Pangan Jatim merupakan program Pemprov Jatim untuk penyediaan barang kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasar untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, juga disiapkan fasilitas bebas ongkir untuk pembelian secara online. Untuk merealisasikan program ini, Pemprov Jatim menunjuk dua BUMD, yakni PT Panca Wira Usaha (Wira Jatim Group) dan PT Jatim Grha Utama (JGU).
Direktur Utama PT Panca Wira Usaha, Erlangga Satriagung, Koordinator Pengelola program Lumbung Pangan Jatim, mengatakan, sebelumnya Lumbung Pangan Jatim telah melayani area di 11 kabupaten/kota, yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten dan Kota Malang, dan Kota Batu.

“Saat ini kita perluas lagi ke delapan kabupaten dan kota. Jadi per hari ini ada 19 kabupaten dan kota atau 50 persen dari kabupaten dan kota se-Jatim,” katanya seraya menambahkan, sesuai arahan Gubernur Khofifah, pihaknya terus menambah area layanan ke daerah lain di Jatim.
Dirut PT Jatim Grha Utama, selaku Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim, Mirza Muttaqien, menyatakan siap melaksanakan arahan Gubernur Khofifah yang ingin terus mengembangkan area layanan hingga hingga menjangkau seluruh wilayah di Jatim. Selain memberikan manfaat kepada masyarakat konsumen karena mendapat harga yang murah dan tidak perlu ribet –di tengah pandemi Covid-19--, Lumbung Pangan Jatim juga bisa mempercapat serapan hasil panen petani karena meningkatnya volume permintaan.
“Efek dominonya, juga bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi sebagian masyarakat. Di sisi lain, juga membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga di masyarakat, sehingga gejolak harga dan laju inflasi bisa dikendalikan. Tapi yang lebih penting, di masa pandemi ini, masyarakat bisa tenang dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” tandasnya. (sto)

Bagikan tulisan ini ke:

PT JATIM GRHA UTAMA

Jalan Musi No. 23 RT. 02, RW.14 Kelurahan dr. Soetomo, Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya, Jawa Timur, 60264

Phone: 031-56668557, 031-5668539
Email: sekretariat@jgujatim.com
Fax: 031-5676366

Jatim Grha Utama Ⓒ 2018 powered by Mataduniadigital