JGU Group Ikuti Donor Darah di Grahadi

Post At : 27 Apr 2020 | Kategori : Berita


JGU Group Ikuti Donor Darah di Grahadi




JGUJATIM.COM – Belasan pegawai PT Jatim Grha Utama (Perseroda) Group mengikuti donor darah yang diadakan Pemprov Jatim dan PMI Jatim di gedung negara Grahadi, Rabu (22/4/2020). Itu dilakukan sebagai bentuk partisipasi BUMD milik Pemprov Jatim ini dalam aksi kemanusiaan di tengah merebaknya pandemi virus corona (Covid-19).

Rombongan JGU dipimpin langsung oleh Direktur Utamanya, Mirza Muttaqin. Mereka berasal dari sejumlah bagian atau unit kerja yang dinilai layak mengikuti donor darah. Secara bergantian mereka diambil darahnya oleh petugas PMI, hingga seluruh peserta yang datang terlayani.

Keikutsertaan JGU dalam donor darah ini merupakan bagian dari program sosial kemanusiaan yang juga diikuti para pegawai atau aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat di lingkungan Pemprov Jatim. Donor darah itu sendiri diadakan selama 12 hari. Dari aksi donor darah selama itu, terkumpul 581 kantong darah.

“Dari segi volume darah yang kami sumbangkan ke PMI, mungkin relatif sedikit. Tetapi, inilah bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Dirut JGU Mirza Muttaqin kepada jgujatim.com, Jumat (24/4/2020).

Ia menambahkan, partisipasi JGU dalam donor darah ini akan terus berlanjut. Waktunya mengikuti agenda yang dijadwal oleh Pemprov Jatim. Diharapkan, dalam pelaksanaan donor darah mendatang, pihaknya mempu menyumbangkan darah lebih banyak lagi.

Sementara itu, sebanyak 581 kantong darah yang terkumpul dari para pendonor diserahkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke PMI Jatim. Kegiatan donor itu, dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan darah di PMI, terutama di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang bulan suci Ramadan, serta lebaran. Sebab, selama periode itu, jumlah pendonor darah cenderung menurun secara signifikan.
“Alhamdulillah kita tadi sudah melakukan serah terima secara simbolik ke PMI Jawa Timur hasil dari gerakan donor darah yang dilakukan keluarga besar Pemprov Jatim. Selama 12 hari ini, terkumpul sebanyak 581 pack yang kami harapkan akan bisa membantu penyediaan stok darah di PMI Jawa Timur,” kata Khofifah, dalam rilisnya, Kamis (23/4/2020).
Dikatakan, rencananya aksi kemanusiaan donor darah semacam ini dilakukan secara rutin dalam tiga bulan sekali. Diharapkan, para pendonor bisa secara kontinyu melakukan donor darah untuk membantu mengatasi stok darah di PMI.
Inisiasi gerakan donor darah di lingkungan Pemprov Jatim dilakukan pasca-Khofifah bersilaturahmi ke Kantor PMI Jawa Timur, Sabtu (4/4/2020) lalu. Dalam pertemuan itu, PMI menyampaikan fakta adanya penurunan pendonor darah hingga 60 persen selama pandemi Covid-19 di Jatim. Akibatnya, hal itu menjadi kendala bagi PMI untuk mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Jatim.
Terlebih saat memasuki bulan puasa Ramadan, seperti tahun-tahun sebelumnya  pendonor cenderung menurun. Karena itu, Khofifah menggerakkan para pegawai di lingkungan Pemprov Jatim untuk bersama-sama melakukan aksi donor darah guna membantu stok darah di PMI. (sto/koh)

Bagikan tulisan ini ke:

PT JATIM GRHA UTAMA

Jalan Musi No. 23 RT. 02, RW.14 Kelurahan dr. Soetomo, Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya, Jawa Timur, 60264

Phone: 031-56668557, 031-5668539
Email: sekretariat@jgujatim.com
Fax: 031-5676366

Jatim Grha Utama Ⓒ 2018 powered by Mataduniadigital